8.11.14

Tips Cerdas menghemat daya listrik di rumah

-seri hemat listrik- dalam era modern seperti ini, penggunaan listrik sudah merupakan kebutuhan primer bagi hampir setiap lini kehidupan, dari penggunaan listrik oleh industri besar sampai kepada konsumen rumah tangga. Berbagai peralatan rumah tangga saat ini, hampir semuanya berbasis energy listrik, dari lampu, mesin cuci, setrika, vacuum cleaner dan lainnya.

Gerakan hemat energy yang dicanangkan pemerintah dan dunia, salah satu dampaknya adalah dibuatnya berbagai peralatan listrik dengan konsep hemat energy. Tetapi walaupun berbagai peralatan telah dirancang secara efisien terhadap konsumsi daya listrik, banyak diantara kita masih kurang tepat dalam penggunaan alat listrik, sehingga selain boros energy, tentu berdampak terhadap tagihan listri yang membengkak.

Berikut ini kami sajikan beberapa tips dan prinsip dalam menghemat penggunaan daya listrik dirumah, sehingga selain bisa lebih hemat dan efisien, tentu tagihan bulanan listrik kita tidak menjadi jebol
  1. sebelum memasan daya kepada PLN,s ebaiknya kita sesuaikan terlebih dahulu kebutuhan listrik dalam rumah tangga kita, jika rumah kita tidak terlalu besar dan tidak banyak penggunaan alat listrik, kita bisa menggunakan daya sekitar 450 VA atau 900 VA sedangkan untuk skala rumah tangga yang agak besar atau sedang, kita bisa menggunakan daya antara 900 VA sampai 1.300 VA
  2. pilihlah peralatan rumah tangga yang sesuai dengan kebutuhan dan pilihlah yang hemat energy
  3. membiasakan perilaku hemat energy listri bagi anggota keluarga seperti
  •  Mematikan peralatan listrik yang tidak digunakan
  • Menggunakan peralatan listrik seperlunya
  • Menggunakan alat listrik yang efisien dan hemat listrik
  • Menggunakan alat listrik untuk kegiatan ekonomi ( atau bisa mendatangkan keuntungan)
Beberapa Tips Cerdas menghemat daya listrik di rumah diatas, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, selamat beraktivitas dan salam hemat energy selalu.

Jangan lupa baca artikel menarik lainya tentang Memperbaiki lantai rumah yang turun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar