2.11.14

Memperbaiki dan merenovasi dak beton bocor

-Seri Renovasi Rumah - Memperbaiki dan merenovasi dak beton bocor
Walaupun terlihat kokoh dan anti bocor, kita masih sering kali melihat dak beton baik milik kita ataupun orang lain yang mengalami kerusakan terutama kebocoran. Dak beton yang mengalami kebocoran, biasanya disebabkan oleh beberapa factor seperti adanya keretakan, tidak sempurnanya adukan cor sehingga menyisakan bagian tertentu yang tidak padat, dan kurangnya ketebalan cor, sehingga dak tidak kedap air.
Untuk mengatasi masalah dak beton yang bocor, jika masalahnya hanya terjadi keretakan kita bisa menggunakan waterproofing untuk melapisi bagian yang retak. Jika penyebab kebocoran cukup parah, maka berikut ini beberapa langkah yang bisa lakukan :

Pertama, siapkan alat dan bahan
1.       Waterproofing
2.       Semen dan pasir kering
3.       Kain kasa atau serat fiber
4.       Kuas
5.       Bak cat
6.       Cat dasar atau wall sealer dan cat finishing
7.       Kape scrape
8.       Ember untuk adukan
9.       Sarung tangan
10.   Rol cat
11.   Sikat kawat halus
Kedua, tahapan pengerjaan untuk mengatasi dak beton yang bocor
Untuk mengatasi kebocoran dak beton, kita harus memperbaiki bagian atas dan bagian bawah dak beton.
Proses perbaikan bagian atas dak beton
1.  Pertama yang harus kita lakukan adalah membersihkan bagian permukaan dak dari segala kotoran baik debu, lumut ataupun kotoran lainnya, untuk mempermudah kita bisa menggunakan kawat halus ataupun kape scrape sehingga hasil yang didapat bisa maksimal.
2.  Langkah selanjutnya kita bisa mengolesi bagian yang retak dengan menggunakan waterproofing pada bagian yang retak. Saat mengolesi waterproofing, dan dalam keadaan masih basah, kita bisa menempelkan serat fiber.
3.  Dan lanjutkan kembali mengolesi waterproofing diatas serat fiber, kemudian kita bisa mengulangi langkah ke 2 dan 3 beberapa kali.
4. Untuk memperkuat proses pelapisan bagian yang bocor yang telah diolesi dengan waterproofing, kita bisa lanjutkan dengan plesteran semen yang di campur dengan waterproofing setebal  4 cm.

Proses perbaikan dak beton bagian bawah.
1. Biasanya dak yang bocor akan memberikan efek jamuran di bagian bawah dak, untuk memperbaikinya, langkah pertama adalah membersihkan jamur dengan menggunakan sikat kawat halus dan scrape.
2.  Untuk mengatasi noda bekas jamur, kita bisa menggunakan alkali sealer, dan keringkan sekitar 2 jam agar efek alkali sealer bisa mamsimal.
 
3.   Setelah cat dasar benar-benar kering, kita bisa mengecat finishing sebanyak dua kali.  Pengecatan pertama kita bisa gunakan pengenceran cat dengan 10% air,  dan pengecatan kedua dengan pengenceran cat dengan 20% air.

semoga bermanfaat dan baca juga  : dapur cantik warna kuning

Tidak ada komentar:

Posting Komentar